Nurleli, S.Pd.(2011) MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU KELAS MEMAHAMI MASALAH SISWA. In: Proposal, 25  April  2011, Pesawaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model layanan bimbingan konseling di sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas guru kelas memahami masalah siswa. Penelitian ini beranjak dari enam alasan utama ; Pertama, setiap manusia pasti mempunyai masalah, baik laki-laki, perempuan, kaya-miskin, tua – muda, tanpa mengenal batas usia, termasuk siswa sekolah dasar Kedua, permasalahan yang dihadapi siswa saat proses pembelajaran akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar yang optimal. Ketiga, di sekolah dasar secara formal belum ada unit layanan bimbingan konseling yang menangani permasalahan-permasalahan siswa. Keempat, sampai saat ini layanan bimbingan konseling di sekolah dasar dibebankan pada guru kelas yang sudah memiliki beban mengajar yang cukup padat, sehingga kegiatan layanan bimbingan konseling tidak berjalan sebagaimana mestinya, bahkan programnya tak jelas. Kelima, permasalahan siswa sekolah dasar perlu difasilitasi agar proses pembelajaran yang ditempuh siswa bisa optimal. Keenam, guru kelas sekolah dasar belum mempunyai model yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling.